Pesan

Selamat Datang Di Blog Saya Dan Terima kasih Telah Berkunjung

Jumat, 10 Agustus 2018

PING (Packet Internet Gopher)


Ping adalah suatu utilitas yang biasa digunakan untuk mengecek koneksi antara dua perangkat atau Komputer dalam jaringan komputer. Ping biasanya dijalankan melalui terminal ataupun command prompt.

Respon yang terjadi ketika melakukan PING
1. Reply
2. Request Time Out (RTO)
3. Destination Host Unreachable (DHU)

1. Reply
Jika muncul pesan “Reply” artinya komputer tujuan memberika respon terhadap pesan yang dikirim. Komputer tujuan memberikan pesan bahwa kembali terhadap komputer pengirim bahwa pesan yang dikirim sudah diterima. Dengan kata lain, perangkat komputer tujuan masih terhubung dan dapat diakses.


A. TTL merupakan singkatan dari Time To Live, adalah waktu maksimum dari komputer saat mereply/membalas paket ICMP (Internet Control Message Protocol) atau disebut juga latency/delay.

B.  Time adalah total dari jumlah waktu yang dibutuhkan oleh packet yang dikirim untuk sampai ke tujuan dan jumlah waktu yang dibutuh oleh penerima untuk mengkonfirmasikan kembali kepada si pengirim bahwa packet kiriman sudah diterima.

C.   Bytes = 32 adalah pesan ini berarti packet ping yang kita kirim ke komputer tujuan adalah sebesar 32byte. Secara default jika kita tidak menyatakan besar paket ping yang mau dikirim maka komputer akan menyatakan jumlahnya sebesar 32bytes. Semakin kecil yang ada pada time maka semakin bagus koneksi jaringan pada Alamat IP yang di tuju.

D.  122.11.131.103 adalah Alamat IP tujuan ketika melakukan ping, Alamat IP adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet.


E. Relpay from adalah penyampaian pesan yang di dapat dari tujuan IP yang di tuju saat melakukan proses ping

2. Request Time Out (RTO)
Jika muncul pesan “Request Time Out” berarti tidak balasan dari penerima pesan. packet yang dikirim sebenarnya sudah sampai pada penerima, namun komputer penerima tidak memberikan balasan atau bisa dibilang mengabaikan pesan tersebut.


3. Destination Host Unreachable (DHU)
Jika muncul pesan “Destination Host Unreachable” pesan jaringan yang dituju tidak bisa diakses atau komputer tertentu tidak dapat dijangkau. Komunikasi di jaringan akan terputus karena tidak tersambung. ada beberapa masalah yang harus diperbaiki seperti kabel jaringan LAN Card atau Wireless USB, kemungkinan tidak terhubung atau rusak HUB/Switch tidak terhubung atau rusak, kemungkinan status LAN masih “Disable”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar